Skip to content

3 Trik memfoto saat gelap dan tanpa lampu!

Memfoto saat gelap atau pada kondisi kurang cahaya dan tempat minim lampu bukanlah hal yang mudah, mengingat foto membutuhkan pencahayaan sekitar. Kegiatan ini tentu akan berat jika kamu menggunakan smartphone atau kamera entry level, mengingat sensornya yang lebih kecil.

Seringkali, upaya memotret di malam hari berujung gambar buram, noise, atau bahkan terlalu terang karena flash yang tak terkontrol. Namun fotografi malam hari ternyata bisa diminimalisir kesulitannya dengan beberapa trik.

Berikut tiga tips yang bisa kamu praktikkan agar fotomu di tempat gelap tetap bagus.

1. Gunakan lilin atau alat penerang lainnya

Tips pertama fotomu bagus tapi tetap alami adalah dengan menggunakan lilin atau alat penerang lainnya. Lilin bisa kamu jadikan properti seperti foto diatas. Menarik bukan idenya?

‘2. Gunakan tripod

Tips kedua adalah dengan menggunakan tripod. Tripod berfungsi untuk menjaga kestabilan kamera saat fotomu menggunakan shutter speed yang lama. Semakin lama shutter speednya maka akan semakin terang. Kamu bisa menggunakan tripod untuk memfoto light trail maupun objek dengan minim cahaya lainnya.

‘3. Gunakan format RAW

Memfoto dengan format RAW ini membuat semua data yang ditangkap oleh sensor tidak dikonversi jadi gambar yang biasa kita dapat. Dengan mode RAW kualitasnya tidak hilang, hal ini membuat foto lebih leluasa saat diedit. Satu satunya kekurangannya adalah ukurannya yang jauh lebih besar dari format JPEG/ ataupun lainnya.

Berikut adalah trik memfoto saat gelap dan tanpa lampu dari kami. Ayo share fotomu di instagram dan jangan lupa tag kami (@apostrofecreative) yaa!