Skip to content

3 Alasan Utama Sebuah Brand Mengganti Logonya

Dalam berbisnis sering kali berubah dalam model bisnis maupun target pasarnya. Hal ini merupakan hal yang mutlak dan perusahaan harus mampu beradaptasi jika ingin bertahan dan berkembang. Banyak langkah dan strategi dirancang dan dijalankan untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu langkah yang dapat diambil suatu brand/ perusahaan adalah untuk melakukan rebranding dan mengganti logo.

Untuk mengganti logo dan melakukan rebranding tentunya tidak datang begitu saja dan harus direncanakan dengan matang sebelumnya. Perubahan logo perusahaan harus melalui berbagai tahapan seperti riset pasar yang ingin dituju, target branding dan strategi pemasaran, desain logo hingga tahap eksekusi di lapangan. Terdapat 3 alasan utama sebuah brand mengganti logonya.

1. Perusahaan melakukan merger/akuisisi

Gabungan 2 atau lebih perusahaan tentu menghasilkan suatu model bisnis ataupun visi misi yang berbeda oleh karena itu dibutuhkan sebuah logo baru untuk menggambarkannya.

2. Perusahaan memperlebar/ mengganti target pasar

Setiap brand tentu memiliki segmen pasar yang ingin dituju. Namun, pasar selalu berubah dan berkembang secara dinamis yang menjadi peluang menguntungkan bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan yang inovatif selalu mencari kesempatan untuk mengembangkan dan memperluas segmen pasar dengan tujuan meraup keuntungan maksimal.

3. Logo lama tampak terlihat usang

Seiring berkembangnya jaman, logo perusahaan yang dulunya terlihat bagus bisa saja terlihat kuno. Ketika sebuah logo sudah tidak lagi mampu merefleksikan zaman, maka saat itulah perusahaan mulai memikirkan untuk menghadirkan logo baru. Perubahan logo menjadi pilihan yang tepat agar brand tetap relevan dan adaptatif terhadap perkembangan sosial ekonomi.

Mengganti logo perusahaan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Proses mendesain desain logo perusahaan diawali dengan riset yang memakan banyak waktu dan tenaga. Setelah logo baru perusahaan selesai dibuat, selanjutnya adalah mengaplikasikan logo baru tersebut ke berbagai media seperti banner, seragam karyawan, dan media periklanan lainnya. Bagi kamu yang tidak sempat maupun yang membutuhkan bantuan dalam mendesain logo boleh kontak kami yaa!