Skip to content

Baru belajar edit video? Berikut adalah 2 rekomendasi aplikasi edit video di laptop

Di jaman sekarang, konten video semakin dinikmati. Dengan hadirnya TikTok, YouTube, dan Instagram konten- konten video seperti rekomendasi tempat, masak-masak, gaming, dan lain sebagainya sangat banyak penggemarnya. Oleh karena itu, hampir semua orang mencoba untuk membuat konten-konten dengan basis video.

Dalam membuat video diperlukan peralatan untuk membantu terciptanya video tersebut. Tak hanya peralatan merekam yang lengkap, membuat video yang bagus juga membutuhkan video yang diedit dengan baik. Ibarat teka-teki , kamu harus pintar dalam menggabung-gabungkan hal (video) yang kamu miliki.

Tanpa software atau aplikasi edit video yang mudah digunakan, kamu yang pemula akan memiliki kesulitan untuk memulai dan mengeksekusi video tersebut. Karena itu kami memberikan 2 rekomendasi software dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video.

1. Adobe Premiere Pro (Berbayar)

Tak hanya mengeluarkan software untuk menyunting foto saja, Adobe juga menyodorkan aplikasi edit video untuk PC yang disebut dengan Adobe Premiere Pro. Dalam aplikasinya ini, Adobe menawarkan kemudahan dan beragam fitur untuk menunjang dalam pengeditan video yang bagus.

Sudah bukan rahasia lagi jika Adobe memang terbilang ahlinya dalam membesut software-software editing baik untuk foto ataupun video. Bahkan, aplikasi Adobe Premiere Pro pun bisa dibilang sebuah aplikasi penyunting video yang biasa digunakan oleh para profesional. Adobe Premiere Pro memiliki banyak sekali tools yang bermanfaat dan stabilisasi sangat bisa diandalkan. Bagi editor, terutama editor video yang dibuat dengan kamera biasa, hal ini sangatlah menguntungkan.

Creative Cloud (CC) juga mempermudah kamu untuk mengambil aset dari software Adobe yang lainnya. Jadi, tak perlu repot-repot mengunduhnya terlebih dahulu. Namun dari segala fitur lengkapnya, Adobe Premiere Pro ini merupakan software berbayar.

2. VSDC (Gratis)

VSDC merupakan software edit video yang mampu untuk mengedit video tanpa watermark. Tak hanya itu saja, bahkan software ini bisa diinstall dan dipasang dengan cepat juga mudah di PC. Istimewanya lagi, Anda tak perlu merasa kebingungan untuk mengedit atau menambahkan transisi. Pasalnya, VSDC siap dengan interface yang mudah dan juga aman.

Meski software ini gratis, fitur yang tersedia ternyata tidak asal-asalan. Motion tracking menjadi salah satu fitur andalan dari software editing video ini. Dengan fitur ini, kamu bisa melacak objek tertentu yang terus bergerak. Setelah itu dilakukan, bisa dikreasikan sendiri seperti memberikan topeng atau blur pada wajah seseorang.