Skip to content

Mata sering lelah karena kebanyakan menatap layar? Berikut solusinya!

Kamu pernah merasakan lelah di bagian mata karena menatap layar?

Berjam-jam mengemudi, membaca, menulis, dan menatap layar komputer dan gadget lainnya adalah beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan kamu mengalami ketegangan mata dan menyebabkan stres pada mata. Apalagi jika tidak memiliki dukungan pencahayaan yang baik.

Biasanya, mata berkedip 15 kali per menit. Namun ketika dipaksa untuk berkonsentrasi dan menatap sesuatu dalam jangka waktu yang lama, terutama saat menatap layar digital, mata hanya berkedip sekitar 5-7 kali per menit.

Padahal, proses berkedip sangat dibutuhkan mata karena tugasnya membersihkan partikel debu yang masuk ke mata dan melembabkan permukaan bola mata.

Tekanan pada mata dapat membuat mata terasa kering, perih, berair, perih, panas, dan gatal, bahkan dapat membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau rentan terhadap silau. Selain itu, tekanan mata dapat disertai dengan diplopia atau penglihatan kabur.

Teknik relaksasi mata untuk mengatasi stres mata
Meski jarang berbahaya bagi mata, tekanan mata bisa mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membuat mata Anda lebih rileks dan tidak mudah lelah saat beraktivitas, yaitu:

  1. Atur jarak
    Pastikan layar laptop, komputer, atau gadget kamu berjarak minimal 60cm dari matamu.
  2. Gunakan filter layar
    Tambahkan filter ke layar laptop atau komputermu sehingga mata kamu tidak terkena cahaya biru untuk waktu yang lama, yang dapat menyebabkan stres pada mata.
  3. Istirahatkan matamu
    Jika kamu bekerja di depan komputer, alihkan matamuke objek lain yang jauh setiap 20 menit. Tatap objek selama 20 detik, lalu lanjutkan pekerjaan. Selanjutnya, setiap dua jam, istirahatkan matamu selama 15 menit.
  4. Sesuaikan lampu
    Jika cahaya di layar laptop, komputer, atau gadget kamu jauh lebih terang daripada cahaya di dalam ruangan, mata kamu akan bekerja lebih keras untuk melihat.
  5. Gunakan kacamata anti radiasi
    Tips selanjutnya adalah menggunakan kacamata anti radiasi. Untuk menggunakan kacamata ini, kamu tidak harus mempunyai minus atau plus karena ada juga yang buat mata normal. Kacamata anti radiasi ini dapat membuatmu mendapatkan lebih sedikit sinar radiasi dari layar.

Jika hal di atas sudah dilakukan dan kamu masih mengalami gangguan penglihatan atau ketidaknyamanan mata seperti mata lelah, segera konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk penanganan yang tepat. Jaga kesehatan yaa!