Skip to content

Seasonal Marketing : Strategi Buat Kamu yang Baru Punya Bisnis dan Pengen Bikin Campaign

Setiap tahun, brand owner tentunya memiliki agenda untuk mengembangkan bisnis, salah satunya dengan cara meluncurkan produk baru atau mengeluarkan promo produk sehingga angka penjualan bisa meningkat. Agar agenda tersebut dapat berjalan dengan sukses, dibutuhkan adanya perencanaan yang tepat, yang perlu diperhatikan dari segi strategi, platform, dan waktu pelaksanaan.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan cara memanfaatkan momen-momen penting yang sudah melekat di benak konsumen. Sehingga penawaran yang diberikan pun bisa menarik perhatian konsumen. Dalam dunia marketing, strategi ini juga disebut dengan Seasonal Marketing.

Seasonal Marketing

Seasonal Marketing adalah strategi promosi yang dilakukan dalam periode waktu tertentu dengan memanfaatkan hari-hari besar tertentu. Strategi ini kerap kali digunakan dalam rangka meningkatkan penjualan, menciptakan kesan urgensi, membangun brand awareness, dan menciptakan loyalitas konsumen.
Beberapa hari besar atau momen penting yang bisa kamu gunakan diantaranya:

10 Momen yang Dapat Kamu Jadikan Waktu Pelaksanaan Campaign

1. New Year
2. Chinese New Year
3. Hari Valentine
4. Lebaran atau Idul Fitri
5. Hari Kemerdekaan
6. Hari Belanja Online Nasional
7. Hari Pelanggan Nasional
8. Back to School/ Holiday Season
9. Hari Natal
10. End Year

Momen-momen tersebut bisa kamu sesuaikan dengan brand, produk, atau campaign yang akan kamu jalankan. Jika kamu ingin merumuskan strategi penjualan produk menggunakan seasonal marketing, kamu bisa melakukan garage sale atau diskon besar-besaran, kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan momen tahun baru, akhir tahun atau hari belanja online nasional dalam bentuk New Year/ End Year Promo. Jika kamu memiliki bisnis F&B kamu juga bisa meluncurkan produk seasonal dalam bentuk hampers untuk chinese new year, lebaran, atau natal.

Penyesuaian tersebut termasuk juga dalam bentuk desain visual, pesan promosi, penawaran yang menarik, keterlibatan interaksi dengan konsumen, dan platform yang tepat sesuai dengan target konsumen yang ditentukan.

Masih bingung dengan strategi campaign yang ingin kamu lakukan untuk brand kamu? atau udah punya ide kreatif buat ningkatin penjualan tapi gak punya tim buat ngejalaninnya?

Serahin aja ke Apostrofe! Kita bantu bikinin strategi yang tepat supaya bisnis kamu grow dan glow up!


Contact us for collaboration:
Whatsapp: 0896-0303-0960
Email: hello@apostrofecreative.com
Website: apostrofecreative.com