Skip to content

Kesalahan Typography yang harus di hindari oleh Designer Pemula!

Typography / Tipografi adalah bagian penting dari kebanyakan desain, sebuah ilmu pemilihan huruf dan penataannya pada ruang tertentu dengan tujuan menciptakan kesan tertentu, dan memiliki kegunaan memberi kenyamanan dalam membaca teks.

Karena Tipografi merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Designer, hindari beberapa kesalahan ini yuk!

1. Penggunaan font yang tidak sesuai

Dalam hal ini designer harus memperhatikan ketepatan design yang dihasilkannya dengan audiens yang dituju. Jangan asal memilih huruf hanya karena terlihat bagus, keberhasilan sebuah design sangat dipengaruhi oleh ketepatan penggunaan elemen yang sesuai konten dan target audiens, termasuk Tipografi.

2. Ukuran dan skala font tidak tepat

Seorang designer harus memperhatikan hirarki Tipografi untuk menunjukkan urutan kepentingan informasi. Ukuran font sangat diperhatikan dalam sebuah design untuk menentukan keterbacaan teks dan hirarki teks. 

Jangan memasang font terlalu kecil untuk sebuah headline, keserasian antara ukuran headline dan bodycopy harus seimbang sehingga headline tidak mendominasi dan informasi di bodycopy terabaikan.

3. Terlalu banyak menggunakan tipografi

Di zaman sekarang, sudah banyak design yang menggunakan bentuk hutuf yang dekoratif dengan tujuan untuk memberikan kesan indah pada sebuah design. Namun, di beberapa kasus terlalu banyak menggunakan font akan meganggu fokus pembaca dan informasi yang diberikan tidak jelas.

4. Teks yang sulit dibaca

Terbaca atau tidaknya sebuah teks tidak hanya dari ukuran font yang digunakan, tapi juga ketebalan, warna, jenus font da tracking leading. Jadi, alangkah lebih baiknya semua elemen ini sesuai dan pas sehingga teks akan terbaca dengan jelas.

5. Tidak memperhatikan proporsi teks yang panjang

Untuk sebuah body copy yang panjang, diperlukan kecermatan agar teks tetap terbaca dan enak dipandang.

Kelima hal di atas wajib banget dihindari, jangan sampai terjadi sama kamu.