Skip to content

Endorse VS Iklan, Mana yang Lebih Efektif?

Seorang pebisnis tentunya berkeinginan untuk menghasilkan profit sebanyak mungkin dari produk atau layanan yang dijual. Untuk bisa mencapai hal tersebut diperlukan banyak perencanaan dan strategi yang matang, terutama dalam hal memastikan bahwa merek dan produk yang akan dipasarkan, dikenal oleh calon konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan adanya kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk yang dijual, khususnya dalam menginformasikan pembeda dari produk-produk kompetitor, sehingga bisa menarik di mata konsumen.

Kegiatan pemasaran ini bisa dilakukan melalui banyak cara, di berbagai media dengan beragam macam bentuk. Dua bentuk kegiatan pemasaran yang biasa kita temukan di media konvensional ataupun media digital adalah iklan dan endorse. Sebelum mengetahui bentuk mana yang lebih efektif, kamu harus tahu dulu perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Iklan dan Endorse

Iklan merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang dibuat kemudian dipublikasikan oleh pihak yang menyediakan layanan iklan baik secara digital melalui Google Ads, Instagram Ads, TikTok ads maupun secara konvensional melalui televisi, media cetak atau radio. Dengan beriklan, merek dan produk kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan pesan yang lebih terstruktur.

Sedangkan endorse adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan cara menciptakan kolaborasi antara perusahaan dengan influencer, selebriti atau public figure lainnya. Di mana kolaborasi ini biasanya dilakukan di media sosial melalui akun personal pihak yang diajak berkolaborasi. Dengan menggunakan strategi endorse, kamu bisa menjangkau audiens yang sesuai dengan target pasar dan bisa meningkatkan kepercayaan audiens terhadap bisnis atau produk yang kamu jual.

Mana yang lebih efektif?

Mengutip dari artikel yang ditulis oleh Yosef Abas (2022), Ia menyebutkan bahwa membandingkan efektifitas iklan dengan endorse sebenarnya tidak apple to apple. Hal ini karena keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Baik iklan maupun endorse, keduanya memang sama-sama bisa menciptakan awareness, menambah followers dan mungkin akan ada efek salesnya juga. Namun, ada manfaat lain yang bisa dihasilkan endorse dibandingkan dengan iklan. Manfaat tersebut adalah aset digital. Lalu kenapa aset digital itu penting?

Semakin banyak kita melakukan endorse, maka semakin banyak pula aset digital yang kita miliki. Di mana di dalam aset tersebut terdapat konten atau materi promosi kredibel dari influencer atau public figure yang bisa digunakan berkali-kali. Penggunaan aset digital tersebut bisa membawa atau meningkatkan kepercayaan calon konsumen berdasarkan kredibilitas influencer yang digunakan.

Jadi efektivitas dari keduanya ini tidak bisa dibandingkan ya! Namun jika harus memilih, kamu bisa memulai strategi pemasaranmu dengan melakukan endorsement terlebih dahulu, karena harganya terjangkau dan mudah untuk dilakukan. Tapi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan target bisnismu juga. Supaya kamu gak pusing mikirin hal ini, mending kamu serahin aja ke Apostrofe! Kita bantu susun strategi pemasaran bisnismu dari awal sampai optimal dan target tercapai!

Contact us!
Email: hello@apostrofecreative.com
WhatsApp: +62 896 0303 0960