Skip to content

Elon Musk Rebranding Logo Twitter, Dari Burung Biru Jadi “X”, Serangan Balik untuk Threads?

Kemarin tepat tanggal 24/07/2023, Elon Musk resmi mengganti logo media sosial Twitter dari yang semula berbentuk burung biru menjadi logo yang menampilkan sebuah huruf X berwarna silver. Kabarnya, nama platform tersebut juga akan diubah menjadi huruf X.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Elon Musk melalui akun Twitter pribadinya pada Sabtu Malam 22/07/2023 “If a good enough X logo is posted tonight, we’ll make go live worldwide tomorrow“. Bersamaan dengan hal itu, Elon Musk juga mengunggah sebuah video pendek yang menampilkan sebuah animasi dari logo X tersebut yang berkedap-kedip.

Elon Musk mengungkapkan bahwa alasannya melakukan rebranding logo Twitter menjadi “X” adalah untuk mencerminkan ketidaksempurnaan dalam diri kita yang membuat kita unik.

Tak hanya itu, CEO Twitter yaitu Linda Yaccarino juga mengatakan bahwa rebranding ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan poros utama platform microblogging, di mana nantinya Twitter akan menjadi platform interaktif tanpa batas dari segi audio, video, teks atau bahkan perbankan. Linda juga mengungkapkan kemungkinan besar Twitter akan menjadi global marketplaces yang menjadi pusat ide, barang, layanan dan peluang dengan didukung oleh AI atau kecerdasan buatan.

Rebranding Logo Twitter Dari Masa ke Masa

Sebetulnya, perubahan logo Twitter yang dilakukan oleh Elon Musk ini bukan yang pertama kalinya. Sejak tahun 2005, Twitter terhitung sudah mengalami pergantian logo sebanyak lima kali, termasuk logo “X”.

Jika dilihat dari logo- logo tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari masa ke masa logo Twitter semakin dibuat sederhana. Perubahan yang terbaru pun cukup mengubah kesan logo Twitter. Dengan penggunaan warna hitam dan putih, Twitter terkesan lebih elegan.

Hingga kini, rebranding logo Twitter masih menjadi Trending Topic di Twitter itu sendiri dengan keyword “Xwitter”, sebagian besar pengguna pun tampaknya tidak suka dengan adanya perubahan logo Twitter yang menghilangkan logo biru burung yang khas.

Bagaimana menurutmu?