Skip to content

Sedang Mengalami Creative Block? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini!

Untuk seseorang yang sedang berkarir dalam industri kreatif, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah creative block. Kondisi di mana seseorang merasa stuck, buntu ide dan merasa kehilangan arah untuk mengerjakan projek yang membutuhkan inspirasi cemerlang. Kondisi ini bisa berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun tahun. Akan tetapi, kondisi ini wajar dan merupakan hal yang sangat manusiawi .

Gejala creative block ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya masalah pribadi, jenuh dalam berkarya, pola tidur yang tidak teratur, kondisi tubuh yang kelelahan, adanya tekanan deadline atau bahkan adanya perasaan ragu dan sifat perfeksionis dalam diri sehingga merasa kurang dalam hal apapun ketika sedang berkarya. Namun, kamu tidak usah khawatir, untuk bisa membebaskan diri dari kondisi creative block ini, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan. Cara tersebut antara lain:

1. Istirahat/Refreshing Sejenak

Beri ruang untuk dirimu sendiri beristirahat. Sisihkan waktu untuk me-time dan lakukan hal yang bisa membuatmu senang. Dengan melakukan refreshing, tidak hanya tubuh dan pikiran kamu saja yang jadi lebih segar tapi kamu juga bisa mendapatkan banyak ide-ide baru.

2. Perbanyak Referensi dan Terapkan Teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Kondisi creative block yang kamu alami bisa jadi terjadi karena kamu kurang menyelam dan melihat referensi lain yang bisa membuka pikiranmu untuk menghasilkan ide dan inspirasi baru. Kamu bisa mencari referensi dari sumber-sumber yang belum pernah kamu gunakan dan menggabungkan inspirasi yang kamu temukan di referensi tersebut dengan cara memodifikasinya menggunakan gayamu sendiri.

3. Buat Kerangka/Outline pada Projek yang Dikerjakan

Membuat kerangka sebelum mengerjakan projek merupakan hal yang sangat penting tapi seringkali terlupakan. Dengan memiliki kerangka, kamu jadi memiliki guide untuk bekerja lebih efektif.

4. Coba Terapkan Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro ini merupakan salah satu teknik yang dipercaya ampuh untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan produktivitas ketika sedang bekerja. Kamu cukup menentukan batas waktu kamu untuk bekerja dan menyisipkan beberapa menit waktu untuk beristirahat atau menghela nafas sejenak. Kamu bisa menerapkan pola 25-5-25 yaitu 25 menit untuk bekerja, lalu 5 menit untuk beristirahat. Lakukan berulang kali hingga pekerjaanmu selesai, dengan begitu pekerjaan kamu bisa selesai dengan efektif dan efisien.

5. jangan Ragu Untuk Meminta Bantuan

Jika kamu sudah berada di titik kehabisan ide atau inspirasi, kamu juga bisa mencoba mengajak teman atau rekan satu tim-mu untuk berdiskusi. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan ide atau sudut pandang baru yang dapat menginspirasimu.

Last but not least, Daniella Krysa dalam bukunya yang berjudul “Get Unstuck: Creative Block, Discover New Ideas” mengatakan, jangan pernah berpikir bahwa kamu harus membuat karya yang sempurna. Yang penting, kamu harus tetap konsisten untuk terus berkarya.

Selain itu, membuat karya itu merupakan sesuatu yang menyenangkan, jadi tetaplah bermain dan anggap proses pembuatan karya tersebut sebagai taman bermain bagimu.