Skip to content

Banyak Diminati Generasi Milenial Hingga Generasi Z, Apa sih Influencer Marketing itu?

Ramai dibicarakan sejak munculnya media sosial dan menjadi profesi yang banyak diinginkan oleh sebagian besar orang, nyatanya istilah influencer marketing ini sudah ada sejak awal abad ke-20 atau tahun 1920-an loh!

Sebelum mencari tahu apa itu influencer marketing, kamu harus tau terlebih dahulu mengenai apa itu influencer. Influencer sendiri dikenal sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu hal sesuai dengan yang influencer itu harapkan. Di era digital saat ini, influencer lebih dikenal sebagai seseorang yang memiliki banyak followers atau pengikut di media sosial dan memiliki pengaruh yang kuat dalam memengaruhi keputusan para followers-nya. Sosok dari influencer ini biasanya adalah seorang publik figur seperti selebriti atau sosok yang terkenal dalam suatu media sosial yang biasa disebut dengan selebgram (Selebriti Instagram).

Lalu, Apa itu influencer marketing?

Dari dasar pengertian mengenai influencer tersebut, dapat disimpulkan bahwa influencer marketing merupakan sebuah kegiatan pemasaran yang melibatkan influencer untuk mempromosikan suatu brand dan mendorong followers-nya untuk melakukan pembelian suatu produk atau jasa melalui media digital seperti media sosial Instagram, TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.

Mengutip dari situs Analisa.id, kampanye brand yang dilakukan dengan menggunakan strategi influencer marketing ini dilakukan dengan tidak berpusat pada produk, tetapi menciptakan persona untuk memicu keputusan pembelian secara emosional. Terlebih, para audiens yang mengikuti seorang influencer di media sosial juga memiliki hubungan atau bahkan kepercayaan yang cukup erat terhadap influencer yang diikutinya, sehingga hal yang direkomendasikan oleh influencer tersebut memiliki kemungkinan yang cukup besar dapat diikuti pula oleh audiens. Melansir dari situs Forbes yang dikutip oleh Dailysocial.id, sebuah survey yang dilakukan oleh MuseFind mengungkapkan bahwa sebanyak 92% konsumen lebih mempercayai influencer daripada iklan atau endorsement pada selebriti tradisional. Maka dari itu, tidak sedikit brand lokal maupun internasional yang menggunakan strategi influencer marketing ini.

apa saja keuntungan menggunakan influencer marketing?

Mengutip dari situd Dailysocial .id, berikut merupakan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh suatu brand jika strategi influencer marketing yang digunakannya berhasil:

1. Membangun kepercayaan

Influencer biasanya merupakan orang pertama yang mencoba suatu produk dan memberikan ulasan hingga merekomendasikan mengenai produk tersebut di media sosial kepada para followers-nya. Para influencer ini merupakan trendsetter sehingga informasi yang diberikan akan dipercaya oleh audiens.

2. Meningkatkan brand awareness

Kemampuan influencer untuk menciptakan tren yang akan viral di kalangan masyarakat, membuat audiens dan followers tertarik dengan produk yang dipromosikan, sehingga mereka akan kenal dan bisa menjadi konsumen dari brand tersebut.

3. Menghasilkan e-WOM (Electronic Word of Mouth)

Dengan menggunakan influencer marketing, maka akan terjadi pula pemasaran melalui electronic word of mouth yang dilakukan oleh para followersnya dengan cara memberikan komentar, membagikan postingan atau melakukan review produk yang sama, sehingga efeknya dapat berkali-kali lipat.

4. Menargetkan audiens secara efektif

Influencer biasanya memiliki bidang khusus atau spesifikasi mengenai konten-konten yang diunggahnya, seperti berfokus pada makanan, travelling, dan lain-lain, sehingga mereka memiliki pengikut yang menyukai hal serupa. Hal ini dapat membantu brand untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik.

5. Memperluas pangsa pasar

Penyebaran konten atau informasi melalui media sosial dilakukan secara masif dan serentak sehingga dapat menjangkau pangsa pasar jauh lebih cepat dan bisa meningkatkan angka penjualan.

Itu dia hal-hal seputar influencer marketing yang perlu kamu ketahui! Semakin tertarik untuk menggunakan influencer marketing sebagai strategi pemasaranmu? Jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Contact us!

Email: hello@apostrofecreative.com

WhatsApp: +62 896 0303 0960