Skip to content

Pengertian dan fungsi dari Hashtag

Hashtag adalah simbol (#) yang pertama kali digunakan oleh Chris Messina pada tahun 2007, yang merupakan seorang web marketing specialist Twitter. Messina menyarankan penggunaan hashtag sebagai penanda bagi tweets atau cuitan yang memiliki hubungan pada satu topik.

Hashtag ini berfungsi untuk mengikat suatu percakapan publik dari semua pengguna yang berbeda ke dalam satu topik. Kamu dapat dengan mudah menemukan suatu topik hanya dengan menekan hashtag atau mencari kata kunci.

Agar postingan dengan hashtag tersebut muncul di penelusuran siapa saja, postingan dengan hashtag tersebut harus bersifat publik.

Selain itu, dengan adanya penggunaan hashtag ini, post (foto/ video/ cuitan) kamu jadi lebih gampang diangkau oleh orang-orang. Atau dapat disebut juga engagement-nya meningkat.

Oleh karena itu, bila kamu ingin memposting sesuatu alangkah baiknya menggunakan hashtag. Hashtag yang digunakan pun juga sebaiknya harus sesuai dengan hal yang kamu posting. Sekian penjelasan tentang hashtag, selamat mencoba!