Skip to content

5 Strategi FOMO Marketing yang Wajib Kamu Coba!

Apa itu FOMO Marketing?

FOMO atau fear of missing out adalah istilah yang akhir-akhir ini sering digunakan generasi z untuk menggambarkan kondisi mereka yang merasa gelisah karena takut tertinggal dari orang lain.

Perasaan takut tertinggal tersebut digunakan sebagai strategi marketing dengan memanfaatkan kegelisahan konsumen sehingga mereka melakukan pembelian impulsif agar tidak melewatkan promo atau stok produk. Strategi ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan penawaran yang tidak bisa diabaikan.

Strategi FOMO Marketing yang Bisa Kamu Coba

  1. Berikan Diskon dengan Waktu yang Terbatas

Diskon merupakan salah satu kesempatan emas yang sulit untuk dilewatkan oleh konsumen. Dengan adanya penawaran diskon potongan harga dengan waktu yang sangat terbatas, bisa mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan dengan cepat.

2. Tunjukkan Bahwa Produk Merupakan Sesuatu yang Sangat Dibutuhkan

Strategi ini bisa dilakukan dengan memberikan solusi dari kebutuhan konsumen dan menginformasikan manfaat yang bisa didapatkan dari produk yang ditawarkan. Kedua hal tersebut mampu mendorong konsumen untuk segera membuat keputusan. Hal ini karena semakin lama konsumen melakukan pembelian, maka bisa jadi produk tersebut sudah dibeli terlebih dahulu oleh konsumen lain.

3. Batasi Ketersediaan Produk

Adanya batasan ketersediaan produk dengan menunjukkan sisa stok produk dapat memunculkan adanya sense of urgency dalam diri konsumen untuk segera melakukan pembelian. Hal ini juga bisa lebih diperkuat dengan memberikan timer countdown seperti flash sale.

4. Tampilkan Jumlah Pengguna

Dorongan untuk melakukan pembelian akan semakin lebih besar ketika konsumen sudah memiliki kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu cara untuk menimbulkan kepercayaan konsumen tersebut adalah dengan cara menampilkan jumlah pengguna/konsumen yang telah membeli produk tersebut.

5. Tawarkan Early Access

Strategi dengan menawarkan akses untuk konsumen terpilih bisa mencoba produk lebih awal akan membuat konsumen tersebut merasa lebih istimewa dan bisa memunculkan loyalitas konsumen.

Itu dia 5 strategi FOMO marketing yang bisa kamu coba! Jika ingin menerapkan strategi-strategi jitu lain untuk meningkatkan potensi brand kamu sesuai dengan kebutuhan, hubungi kami di hello@apostrofecreative.com