Skip to content

mcd x bts dan new jeans, Strategi Marketing Kolaborasi McDonald’s yang Bisa Kamu Tiru!

Kolaborasi Terbaru McDonald’s dengan New Jeans

Brand fast food populer yaitu McDonald’s baru-baru ini mengumumkan akan kembali berkolaborasi bersama girlband rookie asal Korea Selatan, yaitu New Jeans. Kolaborasi ini akan menghadirkan menu spesial yaitu New Jeans Meal. Di mana kemasan menu tersebut akan dihias sesuai dengan ciri khas New Jeans yaitu maskot kelinci lengkap dengan warna biru denim.

Keberhasilan Kolaborasi McDonald’s dengan BTS

Sekitar dua tahun lalu, McDonald’s juga melakukan kolaborasi serupa dengan menggaet Boy Group hits Korea Selatan yaitu BTS. Hasilnya McDonald’s berhasil diserbu oleh para penggemar BTS atau Army. Dilansir dari Forbes melalui Money Kompas.com, strategi McDonald’s melalui kolaborasi dengan BTS ini diperkirakan menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Bahkan dari hasil penjualan paket makanan BTS Meal, McDonald’s mampu menutupi penurunan kinerja perusahaan yang mencapai 4 persen dan 24 persen pada dua kuartal pertama tahun 2021.

Lalu, Kira-Kira Apa ya yang Bisa Kita Pelajari Dari Strategi Kolaborasi Ini?

Mengutip dari deddyhuang.com, ada 3 hal yang bisa kita pelajari sebelum menerapkan strategi marketing berbentuk kolaborasi ini. Yuk baca sampai habis!

1. Berkolaborasilah dengan sesuatu yang memiliki value

Pada dasarnya, kolaborasi bisa dikatakan berhasil ketika kedua belah pihak memiliki value atau nilai jual yang bisa menguntungkan satu sama lain. McDonald’s dan BTS sendiri sama-sama memiliki jaringan global yang tersebar di seluruh dunia, sehingga ketika keduanya berkolaborasi maka bisa menciptakan impact yang luar biasa.

2. Lakukan kolaborasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

Setiap kolaborasi pasti dilakukan dengan tujuan untuk mencapai goals tertentu. Baik itu untuk peningkatan sales, awareness, atau untuk menargetkan konsumen baru

  • Untuk meningkatkan sales: Diperlukan adanya produk baru atau dorongan dari pihak lain yang memiliki banyak audiens serupa dengan target market brand.
  • Untuk meningkatkan awareness: Diperlukan adanya promosi yang lebih gencar dan interaksi untuk membangun kesadaran serta kedekatan dengan audiens.
  • Untuk mendatangkan konsumen baru: Diperlukan adanya kolaborasi bersama influencer atau key opinion leader untuk menyasar audiens baru.
3. Bentuk kolaborasi

Berdasarkan tujuan yang telah ditentukan, kita juga bisa menemukan bentuk kolaborasi seperti apa yang perlu dilakukan. Bisa kolaborasi berupa kampanye produk baru, menu baru, atau lain sebagainya sesuai dengan kesepakatan.

Itu dia, strategi marketing kolaborasi McDonald’s yang bisa kamu contoh! Sudah siap untuk menciptakan kolaborasi dan meningkatkan potensi brand milikmu? hubungi kami di hello@apostrofecreative.com