Skip to content

Rekomendasi mic clip on merek Rode dan Boya untuk memulai rekaman konten!

Biasanya, kamera dilengkapi dengan mikrofon internal. Namun, untuk kualitas perekaman tingkat profesional, mungkin terdengar tidak terlalu memuaskan. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan mikrofon atau mikrofon webcam. Di pasaran, kamu akan menemukan harga untuk berbagai mikrofon kamera, termasuk model clip on dan shotgun.

Saat membuat video, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas suara. Umumnya, kualitas suara dipengaruhi oleh jenis mikrofon yang digunakan. Di pasaran sendiri, ada beberapa jenis mikrofon kamera yang sering digunakan.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi mikrofon clip on untuk kamera terbaik dari merek RØDE dan Boya. Berikut adalah rekomendasinya!

Apa itu Mikrofon Clip-On?

Mikrofon clip-on ini melakukan hal yang sama seperti mikrofon lainnya, yaitu memperjelas kualitas suaramu. Namun, produk ini memiliki keunggulan lain, yaitu suaranya tetap jernih meski kamu agak jauh dari kamera. Mikrofon ini banyak digunakan untuk vlog dan video prank. Biasanya, orang-orang ini menggunakan mikrofon clip-on ini karena adegan diambil dari kamera.

Selain itu, video wawancara dan film pendek juga sering menggunakan mikrofon ini. Jadi, bisa dibilang bahwa mikrofon clip-on adalah salah satu alat yang dibutuhkan calon pembuat konten. Tapi, kembali ke tipe konten Anda. Jika tipe konten Anda adalah vlog yang banyak bicara di depan kamera, mikrofon ini mungkin tidak berguna.

Produk ini dapat digunakan dengan kamera atau ponsel. Untuk kameranya harus pakai baterai, tapi untuk hp tinggal disambungkan ke hp. Berikut adalah rekomendasi Mikrofon Clip-On versi Apostrofe.
1. Boya BY-M1 Microphone Omni Directional Lavalier Clip On

Boya BY-M1 dirancang untuk Smartphone, DSLR, Camcorder, Perekam audio, PC dll. Mic ini dihargai sekitar 150 ribuan. Cocok untuk kamu yang baru mau memulai membuat video.

2. Rode Smartlav+ Lavalier Mic Condenser Clip-On

Rode Smartlav+ Lavalier dapat digunakan pada semua device. Mic ini memiliki pereda noise yang sangat baik. Harganya sekita 800 ribuan. Cocok untuk kamu yang sering mengambil suara di outdoor.