Skip to content

Cara memfoto bulan hanya dengan HP!

Pernahkah kamu memandang bulan dan bintang saat dimalam hari?

Indah sekali bukan? Terkadang membuat kita ingin mengabadikan pemandangan tersebut. Namun, tidak semua memiliki kamera dengan lensa telefoto. Oleh karena itu, kami memberikan tips untuk kamu yang ingin memfoto bulan atau bintang hanya dengan menggunakan handphone.

1. Foto Waktu Cuaca Cerah dan Tidak Berawan

Dalam memfoto bulan atau bintang, syarat pertama adalah foto disaat cuaca cerah dan sedikit berawan. Hal ini diperlukan, supaya mendapatkan gambar bulan yang jelas dan tidak tertutup oleh awan.

2. Foto di Tempat yang Dapat Melihat Bulan/ Bintang dengan Jelas

Jika kamu ingin mengambil foto bulan dengan tampilan jarak dekat atau close up, maka kamu perlu mencari tempat atau spot yang tepat. Spot yang terbaik adalah tempat yang tidak memiliki banyak lampu dan ditempat yang tinggi atau lapangan luas.

3. Gunakan Eksposure Rendah, Shutterspeed Lambat, dan Diafragma besar.

Saat memfoto bulan, sebisa mungkin gunakan eksposure rendah dan shutterspeed lebih dari 5 detik. Hal ini dilakukan supaya tidak mendapatkan foto overexposure dan dapat melihat bulan dengan detail. Sedangkan diafragma yang besar, digunakan untuk membuat objek bulan tidak blur. Hal ini mengakibatkan fotomu menjadi lebih besar area fokusnya.

Nah, itulah tips untuk memfoto bulan atau bintang hanya dengan HP saja. Silahkan dicoba dan jangan lupa tag instagram kami yaa! Terima kasih!