Skip to content

JANJI JIWA BERUBAH LOGO! Sebuah Inovasi Baru untuk Toko Kopi.

Logo menjadi suatu aspek yang penting dalam sebuah brand. Tidak hanya menjadi sebuah wajah, namun logo juga harus memiliki makna untuk menarik para konsumen. Logo juga penting dalam membangun citra dan kesan merek di mata pelanggan. Lalu bagaimana jika perusahaan mengganti logonya? Apa dampaknya?

Beberapa waktu yang lalu salah satu perusahaan kopi terbesar di Indonesia, Janji Jiwa memutuskan untuk mengganti logo dan branding mereka. Perusahaan yang dibawahi Jiwa Group ini sebelumnya memiliki branding dan logo yang lebih simple. Terlihat dari logo mereka yang menggunakan tulisan handwriting bergaya freehand yang mudah diingat dan dibaca oleh audiens. Kini Janji Jiwa memiliki logo yang lebih colorfull dan juga bold. Mari kita lihat satu persatu

Seperti yang sudah disebutkan diatas, logo janji jiwa lama menggunakan ilustrasi handwriting yang simple. Logo ini sudah dipakai oleh Billy Kurniawan selaku founder dari Janji Jiwa sejak tahun 2018 yang kini telah berkembang menjadi Jiwa Group. Tulisan logo Janji Jiwa terlihat khas dan mudah dilihat. Tentu saja ditambah dengan lukisan tangan yang seakan ingin meraih logo Janji Jiwa dengan kelingking.

Logo ini memperlihatkan perusahaan Janji Jiwa yang selalu berusaha memberikan kopi terbaik dengan harga terjangkau kepada para pecinta kopi. Bentuk tipografi tulisan tangan dari logo Janji Jiwa lama ini juga sangat sesuai dengan brand value yang dimiliki oleh perusahaan.

Setelah menggunakan logo lama mereka selama hampir 5 tahun, Janji Jiwa memutuskan untuk mengganti citra dan logo mereka menjadi lebih bold dan colorfull. Terdapat dua logo untuk brand design baru Janji Jiwa. Pertama merupakan logo pictorial dengan gambar yang menyerupai kelingking. Kedua Janji Jiwa menggunakan logotype atau logo yang berbentuk tulisan.

Logo baru ini menuai banyak perhatian dari audiens. Tidak sedikit masyarakat yang mengkritisi logo baru dari Janji Jiwa. Mengutip salah satu komentar dalam post “logo baru” Janji Jiwa, ” Jujur saja menurut saya logo yg sekarang itu kurang menarik. Logo yg lama itu terkesan nya keren, mewah, dan misterius. Logo sekarang semacam logo mainan”. Namun ada juga netizen yang mendukung perubahan logo tersebut. “Lebih muda, lebih kece, lebih berwarna….si simbol kelingkingnya keren sih, hal simple yg kyny kelewat aja gtu klo si kelingking ini simbol janji yg sdh umum dr dlu”

Kira – kira apa nih pandangan kamu mengenai perubahan logo Janji Jiwa?