Skip to content

3 Investasi yang Aman untuk Menghadapi Resesi

Dunia saat ini sedang heboh terancam resesi. Kita sebagai masyarakat tentu harus mempersiapkan hal hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi resesi. Salah satu yang penting adalah dana darurat. Kita sebaiknya harus mempersiapkan dana darurat sekitar 3-6 bulan. Atau dapat diartikan, bila tidak ada pendapatan selama 3-6 bulan, kita masih aman (masih bisa makan dan membayar beberapa pengeluaran untuk hal lain).

Setelah dana darurat terpenuhi, uang lebih kamu sebaiknya diinvestasikan. Uang tersebut diinvestasikan dengan harapan kamu akan mendapatkan keuntungan kedepannya. Namun, tidak semua investasi cocok dilakukan saat resesi. Berikut adalah 3 rekomendasi investasi yang aman untuk menghadapi resesi menurut Sirclo.

1. Emas

Sejak jaman dahulu emas dikenal sebagai produk investasi paling aman dan nilai jual emas cenderung stabil dari tahun ke tahun, bahkan menunjukkan tren positif/ mengalami kenaikan.

Menurut Bank Bazaar, harga emas cenderung naik karena investor lebih suka memiliki emas dibanding uang kertas. Bahkan, ketika nilai dollar turun, nilai emas justru naik.

2. Reksa Dana

Investasi yang aman saat resesi selanjutnya adalah reksa dana. Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang disebut Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan. Reksa dana ada beberapa jenis, seperti reksadana saham, obligasi, dan pasar uang.

Reksa dana, terutama reksa dana pasar uang merupakan tipe reksadana yang paling minim risiko. Keuntungan investasi reksa dana adalah uangmu akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman. Nilai investasi juga terjangkau, biasanya mulai dari Rp100.000,- dan risiko yang lebih kecil.

3. Investasi Properti

Harga tanah dan bangunan setiap tahun pasti meningkat. Berbeda dengan kendaraan atau barang mewah lain yang nilainya justru akan menyusut. Namun, saat resesi banyak orang yang akan menjual rumahnya dengan harga diskon karena membutuhkan dana. Oleh sebab itu, saat resesi properti merupakan aset investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Nah itulah 3 rekomendasi investasi yang aman untuk menghadapi resesi. Kalau kamu pilih tipe investasi yang mana? Semoga artikel ini membantumu yaa!