Skip to content

5 istilah SEO yang perlu kamu tau!

SEO atau search engine optimization merupakan cara untuk membuat tulisanmu secara alami ada di halaman pertama/ atas pada mesin pencari. Untuk mendapatkan hasil terbaik. kamu diharuskan untuk menulis dengan baik dan dengan prosedur yang benar. Kalau sudah ada di halaman pertama mesin pencari, tentu semua orang akan berkunjung ke tulisanmu, dan traffic situsmu jadi lancar.

Dalam SEO terdapat beberapa istilah yang asing. Istilah asing ini sering kali digunakan untuk memudahkan kita dalam mengerti bahasa SEO. Berikut adalah 5 istilah SEO yang perlu kamu tau.

1. Kata Kunci / Keyword

Kata kunci adalah kata atau gabungan kata yang menjelaskan tentang isi tulisanmu. Kata-kata inilah yang akan membantu tulisanmu muncul saat diketik orang pada mesin pencari. 

2. Search Engine Result Page (SERP)

SERP merupakan tujuan dari teknik SEO.

3. Search Engine / Mesin Pencari 

Mesin pencari adalah penyedia jasa mencarikan data yang kamu butuhkan di dunia maya. Contohnya Google, Opera, Yahoo, dan lain sebagainya yang akan menampilkan tulisan-tulisan yang sesuai dengan yang dicari. 

4. Traffic

Traffic merupakan banyaknya lalu lintas pengunjung pada situsmu. Semakin banyak kamu memiliki artikel dengan tulisan yang baik dan benar, semakin lancar traffic-nya. Sebagaimana yang sudah disebutkan, tujuan utama dalam belajar SEO adalah membuat tulisanmu berada di halaman pertama mesin pencari.

5. Alami / Organik dan Non Organik 

Alami/ organik adalah tulisanmu yang muncul di halaman pertama mesin pencarian itu karena usaha-usaha berteknik SEO yang dilakukan sendiri. Organik sama sekali tidak membutuhkan biaya atau beriklan. Sedangkan non-organik adalah iklan memang bisa masuk sebagai hasil pencarian, tapi tentu saja harus ditukar dengan sejumlah uang sesuai perjanjian. Tulisan yang berbayar akan ada kata “iklan/add” di sampingnya.