Skip to content

Apakah DJI Ronin-S Gimbal Masih Worth It di 2022?

Sejak pertama kali diluncurkan, DJI Ronin-S Gimbal berhasil menarik perhatian khalayak umum. Sampai sekarang, gimbal kamera ini juga menjadi pilihan oleh banyak profesional, khususnya bagi videografer. Namun, apakah masih layak untuk menjadi pilihan di tahun 2022 ini? Mari kita simak pembahasannya.

DJI Ronin-S Gimbal memiliki fitur terbaik untuk kelas gimbal kamera mid-range selain saudaranya yaitu DJI Ronin SC 2. Gimbal ini sangat kompatibel dengan berbagai jenis dan merek kamera, baik untuk kamera DSLR maupun kamera Mirrorless.

Gimbal ini dilengkapi dengan fitur 3-axis Motorized Gimbal Stabilizer yang membuatnya semakin nyaman digunakan. Desainnya juga sangat kokoh dan ergonomis. Dengan fitur tersebut, mampu menopang kamera hingga bobot 3,6 kg sekalipun. Bahkan, DJI mengklaim bahwa stabilizer DJI Ronin adalah yang terkecil, teringan, dan terpintar di kelasnya.

Kapasitas baterai yang mumpuni, membuatnya bertahan hingga 12 jam penggunaan normal. Fitur lain yang disematkan pada DJI Ronin-S Gimbal Stabilizer antara lain:

  • Quick Record untuk memudahkan dalam pengambilan gambar dengan cepat.
  • Memiliki dukungan penuh untuk 2.4/5.8 GHz receiver, D-Bus receiver, dan juga D-Bus receiver, maupun extended GPS.
  • Advanced 32-bit ARM processor.
  • Drive motor gimbal DJI khusus dengan encoders.
  • Memiliki 3 fitur pengaturan profil. Termasuk pula Smooth Track dan Joystick.
  • Dukungan penuh untuk digunakan menggunakan virtual joystick.
  • Nyaman digunakan untuk timelapse, panorama, dan track dengan hasil memuaskan.
  • Mumpuni saat digunakan dalam Sport Mode.
  • Memiliki fitur rotasi continuous 360 derajat melalui slip ring dan juga roll rotation 360 derajat.

Dengan spesifikasi yang disematkan di atas, seri DJI Ronin S-Gimbal dikatakan memiliki performa terbaik. Beberapa dari fitur unggulannya adalah:

1. Smooth Track

Kamu dapat menyesuaikan gaya selama sesi pemotretan. Ada dua jenis tanggapan yang dapat disimpan dan dilihat kembali hanya dengan satu klik. Dari pergerakan kamera yang sangat halus hingga responsivitas yang cukup cepat untuk segala situasi.

2. Offset Roll Motor Terbaik

Menggunakan desain yang futuristik, roll motor dapat mengontrol kamera dengan baik. Lebih stabil dan meminimalkan guncangan kamera saat mengubah mode tegak ke mode underslug atau sebaliknya. Penempatan kamera pada roll axis akan membuat layar LCD bekerja lebih maksimal dan tidak menghalangi bagian lain.

3. Modular Design yang Mumpuni

Tahukah kamu kalau DJI Ronin-S Gimbal ini bisa didesain dengan sistem modular? Dengan begitu, sangat mendukung saat digunakan menggunakan kabel maupun nirkabel. Misalnya pada perangkat kontrol DJI terpisah seperti Master Force dan Master Wheel.

Kesimpulan

Dari spesifikasi dan fitur unggulan diatas, gimbal ini hanya dihargai 8 jutaan saja. Dimana, fitur tersebut masih memumpuni untuk di tahun 2022. Bagaimana, cukup murah bukan?