Skip to content

Apa Itu Gimbal? dan Apa saja Jenis Jenisnya

Gimbal merupakan kategori atau jenis alat yang memiliki fitur stabilizer (penstabil gambar) yang digunakan oleh para fotografer dan videografer. Alat ini digunakan untuk menstabilkan gambar atau video yang akan dihasilkan.

Fungsi gimbal adalah untuk membantu proses foto atau perekaman video agar hasil yang dihasilkan minim guncangan dan jernih.

Ada beberapa jenis gimbal kamera yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam pembuatan konten. Berikut adalah jenis-jenisnya.

Handheld Stabilizer

Handheld stabilizer adalah gimbal yang paling sederhana. Ada yang berbentuk tripod satu kaki dan ada juga yang berbentuk model jinjing. Bentuknya yang simpel membuat gimbal ini mudah digunakan.

Kamera dapat diletakkan di bagian bawah maupun di bagian atas stabilizer tergantung kebutuhan saat pengambilan gambar. Jika Anda memiliki kamera dengan ukuran yang besar dan cukup berat, maka gimbal jenis ini sangat cocok Anda gunakan.

Selain itu, harga handheld stabilizer ini cukup murah karena hanya dapat menyeimbangkan satu sumbu pengambilan gambar saja. Gimbal ini juga terbuat dari material yang kokoh sehingga tidak mudah rusak.

Gimbal 3-Axis

Gimbal 3-Axis merupakan gimbal yang memiliki fitur otomatis untuk menstabilkan kamera. Sehingga akan lebih memudahkan penggunanya.

Gimbal ini dapat digunakan untuk semua jenis kamera namun dengan maksimal bobot tertentu.

Gimbal jenis ini cukup populer digunakan oleh fotografer dan videografer profesional. Terutama mereka yang bekerja di bidang perfilman. Dikarenakan serba otomatis, gimbal ini harus menggunakan baterai.

Gimbal ini dapat memberikan hasil yang stabil dan mengambil angle-angle yang sulit.

Vest Stabilizer System

Vest stabilizer system memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk rompi. Gimbal jenis ini memungkinkan operator menggunakan kamera yang cukup besar dengan berat 2-8 kg.

Stabilizer ini berbentuk rompi dimana harus dipakai ketika menggunakannya.Vest stabilizer system memiliki struktur yang stabil, sehingga akan meringankan beban pada tubuh Anda dan nyaman digunakan. Gimbal jenis ini memiliki berat yang beragam. Mulai dari 25-30kg. Namun sesuai dengan beratnya, hasil yang dihasilkan gimbal ini sangatlah halus.

Kesimpulan

Nah setelah tahu apa saja jenis gimbal, jenis apa yang cocok untukmu?