Skip to content

Taukah Kamu? Ini Dia Alasan Harga Bitcoin terjun bebas!

Harga mata uang Bitcoin dan crypto currency lainnya kembali dalam tren melemah. Ada apa?

Dua bulan terakhir ini rupanya bukan jadi periode yang baik bagi mata uang crypto seperti Bitcoin, Binance, dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu ini, harga uang Bitcoin yang merupakan aset kripto dengan kapitalisasi terbesar di pasaran terus mengalami penurunan.

Berdasarkan Coinmarketcap, pada 11 November 2021, harga uang kripto Bitcoin berada di level US$ 68.365 per Btc. Namun, pada tanggal 21 Desember pukul 10.00 WIB, harga Bitcoin terjungkal di level US$ 47.119,03 per Btc. Artinya, Bitcoin sudah melemah sekitar 30% dalam periode ini.

Penurunan harga juga terjadi pada uang kripto lain yang berada di kelompok 5 besar market cap. Harga Ethereum (market cap terbesar kedua) di level US$ 3.944,38, turun sekitar 10% dalam 1 bulan terakhir. Dan begitu pula dengan mata uang kripto yang lainnya.

Apa yang menyebabkan itu terjadi?

Sulit untuk menentukan penyebab pasti melemahnya mata uang kripto ini, namun dalam kasus ini, tampaknya ada sejumlah faktor yang sangat berpengaruh. Menurut Yahoo Finance, terdapat 3 alasan mengapa mata uang kripto terjun bebas:

Musim liburan

Bulan November – Desember merupakan musim liburan, oleh karena itu banyak investor yang melihat akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk take profit dari investasinya. Bagaimanapun, Bitcoin masih mencatat kenaikan sebesar 66% tahun ini bahkan dengan penurunan baru-baru ini.

COVID-19 Varian Omnicorn

Omicron adalah varian terbaru virus corona atau Covid-19 yang sangat cepat bermutasi dan dapat menurunkan kekebalan vaksin. Wabah varian Omicron dan ketidakpastian seputar keparahannya – dan kemanjuran vaksin, yang masih harus ditentukan – juga membuat investor cemas. Oleh karena itu, membuat ekonomi semakin menurun.

The Fed

Ketiga adalah penurunan saham-saham biasa, sebagian disebabkan oleh pembicaraan mengenai tapering off oleh The Federal Reserve, membuat investor ketakutan oleh aset spekulatif. Investor terkenal Louis Navellier memperingatkan bahwa kebijakan tapering off The Federal Reserve AS dapat memecahkan gelembung Bitcoin dan crypto.

Nah, untuk kamu yang sedang atau ingin investasi di mata uang crypto, harus mempertimbangkan ke 3 alasan tersebut ya! Inget high risk high return!