Skip to content

TERBAIK DI 2021? BERIKUT 5 KELEBIHAN iPhone 13

Apakah benar iPhone 13 adalah smartphone terbaik 2021? Untuk membuktikannya, Apostrofe akan membahas soal Apple iPhone 13. Seri Apple yang keluar pada tahun 2021. Seri ini juga jadi penerus iPhone 12 yang diklaim sebagai iPhone terpopuler pada 2020.

Kemudian, seperti apa Apple iPhone 13 ini? Dirangkum dari berbagai sumber, mari kita simak kelebihan dari Apple iPhone 13 ini. Pertama-tama, mari kita bahas soal spesifikasi dari Apple iPhone 13 ini.

Spesifikasi Apple iPhone 13

  • Rilis: 24 September 2021 (Global)
  • Layar: Super Retina XDR 6,1 inci, Resolusi 2532 x 1170 piksel (460 ppi)
  • Chipset: Chip A15 Bionic (5nm)
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 258 GB dan 512 GB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Kamera Belakang: 12 MP (Wide dan Ultra Wide)
  • Kamera Depan: 12 MP + TOF 3D Camera
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 3.240 mAh
  • Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, perintah bahasa natural dan diktasi Siri, dukungan Ultra Wideband (UWB)

Kelebihan Apple iPhone 13

Setelah Anda mengetahui spesifikasi Apple iPhone 11, selanjutnya mari bahas soal kelebihan dari Apple iPhone 11 ini. Tentu sebagai ponsel kelas atas, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Apple iPhone 11 ini. Langsung saja simak poin kelebihan dari HP ini.

1. Kualitas Kamera Makin Canggih dan Jernih

iPhone 13 memiliki kamera yang sedikit berbeda dengan seri sebelumnya, ponsel ini memiliki dua buah kamera yang masing-masing didukung oleh sensor kamera yang canggih. Dua buah kamera tersebut diletakan secara diagonal yang membuat kesan unik.

Dua kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 12 MP (wide) dan kamera 12 MP (f/2.4, ultra wide). Kamera wide pada iPhone 13 ini memiliki peningkatan kualitas dari iPhone 12 karena dilengkapi dengan teknologi Sensor-shift OIS yang pertama kali diperkenalkan di iPhone 12 Pro Max. 

Untuk kamera depan, iPhone 13 memiliki sensor kamera 12 MP (f/2.2, wide 23 mm, SL 3D (sensor depth dan biometrik, HDR, gyro-EIS) yang dilengkapi dengan penstabilan gambar yang membuat selfie dan video depan yang dihasilkan menjadi juara.

Ditambah lagi, kamera iPhone 13 dapat mengambil video HDR dengan Dolby Vision hingga 60 fps dan memiliki mode malam yang didukung teknologi pemindai LiDAR. Hal ini dapat membuat hasil jepretanmu menjadi makin bagus dan jernih!

2. Layar yang Memanjakan Mata

Apple iPhone 13 adalah salah satu smartphone dengan tingkat warna dan kecerahan layar yang sangat baik. Hal ini seperti yang disampaikan oleh GSMArena kalau layar HP ini memiliki tampilan yang baik dalam menampilkan foto dan video.

Dengan dimensi layar 6,1 inci beresolusi 2532 x 1170 piksel, layar iPhone 13 ini mampu menampilkan kualitas yang sangat baik. Layarnya ini sendiri sudah dilengkapi fitur Ceramic Shield  yang merupakan pelindung layar dari goresan. Selain itu, layar ini sudah dibekali dengan teknologi HDR 10 yang memiliki warna akurat dan kontras yang lebih tinggi, true-tone dan wide color gamut.

3. Video Instagram Story Anti Patah-Patah

Sudah bukan lagi rahasia bahwa Video yang direkam menggunakan iPhone atau produk Apple lainnya bila dimasukan ke Story Instagram akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan video android. Lebih bagus disini adalah video yang dipost ke Story Instagram menggunakan iPhone tidak akan patah-patah dan warnanya menjadi lebih bagus.

Hal ini disebabkan oleh efisiensi sistem pada device iOS, yang membuat hasil video yang dihasilkan tidak terlalu berubah saat di konversi oleh sistem Instagram. Alhasil ini membuat video kamu menjadi lancar tanpa patah-patah. Oleh karena itu, banyak selebgram yang lebih memilih menggunakan iPhone dibandingkan android.

4. Performa Terbaik dengan Chipset A15 Bionic Terbaru

iPhone terbaru tentunya dilengkapi dengan chipset terbaru dari Apple. Apple menyematkan chipset A15 Bionic terbaru yang dirancang untuk kinerja yang lebih baik dengan kecepatan pemrosesan data 50% lebih cepat dari pendahulunya. Apple mengklaim bahwa chipset ini sangat cepat dari kompetitor.

GPU 4-core chipset ini juga memiliki peningkatan performa sebesar 30% dibandingkan pendahulunya. A15 Bionic terbaru merupakan teknologi 5-nanometer dan mencakup 15 miliar transistor dan CPU 6-core. Hal ini membuat kamu semakin lancar saat bermain game ataupun sekedar multitasking.

iPhone 13 juga mendapatkan OS iOS 15 terbaru dari Apple yang menawarkan fitur canggih dan terkini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna untuk multitasking atau bermain game.

5. Peningkatan Kualitas Baterai yang Signifikan dibanding Pendahulunya

Apple iPhone 13 dibekali baterai Li-Ion 3.240 mAh, dengan rasio peningkatan 15 persen dari iPhone 12.Kapasitas baterai ini untuk ukuran smartphone Android tentu tergolong kecil, tetapi untuk sebuah iPhone yang memiliki efisiensi daya yang jauh lebih baik dibandingkan android, kapasitas baterai tergolong sangat cukup. 

Hal ini bisa dilihat dari hasil pengujian yang dilakukan oleh seorang tech youtuber yaitu Mrwhosetheboss, diketahui bahwa iPhone 13 dapat bertahan screen on time sekitar 7 jam 45 menit. Dimana jauh lebih lama dibandingkan pendahulunya yaitu iPhone 12 yang hanya bertahan sekitar 6 jam saja. Menarik bukan?

Kesimpulan

Apple iPhone 13  merupakan smartphone yang menarik tapi tentu, smartphone ini bukan untuk semua orang. Dengan harga kisaran Rp 14 jutaan,  jelas smartphone ini bukan smartphone yang murah jika dibandingkan smartphone Android di kelas yang sama sama flagship.

Namun, HP ini masih layak dibeli, terutama untuk Kamu yang memang memiliki dana yang cukup dan memang pencinta dari Apple.