Skip to content

3 alat wajib untuk memulai karirmu sebagai food fotografer

Sebagai food fotografer yang lebih sering memfoto makanan atau produk, tentu memiliki beberapa alat wajib yang perlu disiapkan. Saat kamu ingin mengambil foto produk yang bagus, kamu harus memiliki alat yang memadai juga. Pada dasarnya, kamu dapat memiliki semua bakat, tetapi memiliki alat ini dapat meningkatkan produktivitasmu dengan lebih baik dan mungkin melipatgandakan penjualan produk klien mu.

Berikut ada 3 alat wajib yang sebaiknya kamu miliki untuk memulai karirmu sebagai food fotografer.

1. Kamera untuk fotografi produk

Jelas, hal pertama yang kita perlukan untuk segala jenis fotografi adalah kamera, dan kita perlu menemukan pilihan yang bagus namun terjangkau karena ada banyak kamera di pasaran yang memiliki spesifikasi berbeda, dan sangat merepotkan untuk memilihnya. Untuk kamera rekomendasi yang sebaiknya kamu beli, silahkan cek artikel kami sebelumnya yaa!

Namun, kamu tetap memerlukan peralatan lain jika kamu ingin dapat menampilkan foto yang bagus di brosur produk atau situs webmu atau jika kamu melakukan fotografi produk untuk mencari nafkah dan meniti karir.

2. Lampu atau Light box

Lightbox merupakan alat seperti kotak yang berisi lampu. Alat ini sangat berguna bila kamu benar-benar ingin menghilangkan bayangan. Dengan harga yang cukup murah, alat ini adalah alat yang fantastis dan wajib kamu miliki. Mereka biasanya dilengkapi dengan manik-manik lampu LED, dan ini dapat diredupkan.

Namun bila kamu tidak membutuhkan foto tanpa bayangan, kamu dapat menggunakan fill light atau lampu biasa. Hal ini diperlukan untuk menambah cahaya pada foto produkmu. Selain itu, noise pun jadi berkurang.

3. Property/ Dekorasi

Makanan adalah objek terpenting dalam food photography. Agar makanan tampil keren pada brosur atau social media, pada umumnya para food fotografer ini akan memberi tambahan beberapa properti pendukung lainnya. Properti ini merupakan hal wajib, karena dapat meningkatkan nilai dari sebuah foto. Hal ini membuat hasilnya akan semakin bagus dan juga menarik hingga mengundang siapapun untuk mencicipinya.

Properti yang dimaksud tidak selalu harus dedaunan, atau alat makan. Tapi bisa juga bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan dasar dari makanan tersebut ataupun taplak meja.