Skip to content

Apakah baterai non ori aman untuk kamera?

Baterai kamera sering kali menjadi penghambat bagi para fotografer dan videografer saat dilapangan. Kapasitasnya yang tidak terlalu besar, terkadang membuat batrenya habis sebelum selesai melakukan project. Solusinya, dengan menambah baterai. Tapi harga baterai ori tidaklah terlalu bersahabat dengan kantong, oleh karena itu banyak yang membeli baterai kamera non ori. Namun, apakah hal ini aman untuk kamera? Berikut simak penjelasan kami.

Berikut adalah perbandingan baterai non original dengan baterai original:

  • Harga baterai ori jauh lebih mahal bisa 4-5 kali lipat dari yang non ori, Sebagai contoh baterai kamera Canon EOS 5D Mark II Original diatas 800 ribuan sedangkan yang non original hanya sekitar 150-250 ribuan.
  • Fisik dan desain lebih halus (simetris) seperti lekukkan pada sudut-sudut tidak ada cacat.
  • Huruf tulisan timbul terlihat lebih dalam/ jelas/ halus.
  • Desain stiker juga halus, huruf dan tanda juga simetris.
  • Konektor baterai biasanya berbahan kuningan (ori) sedangkan untuk non ori terbuat dari plat kaleng berwarna silver.
  • Kapasitas baterai original lebih besar dan tahan lama.

Dari perbandingan diatas, menggunakan baterai non ori tidak ada jaminan kualitasnya sama dengan merek aslinya. Malah bisa merusak kameramu lohh. Contohnya seperti pengalaman Lee Moris dari Fstoppers yang menggunakan baterai non ori untuk kamera GH5 merek Panasonic.

Jika menggunakan baterai aslinya, ketika baterai habis, kamera akan melakukan proses shut down seperti proses mematikan kamera dengan memindah dari on ke off yang memastikan kamera berhenti dengan aman. Sedangkan ketika dicoba menggunakan baterai non ori saat melakukan proses perekaman video, pada saat baterai habis, kamera langsung mati tanpa melalui proses shut down. Akibatnya file video dapat menjadi corrupt dan tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu untuk mengakalinya, kamu harus hati-hati saat menggunakan baterai non ori, seperti jangan menggunakan sampai habis dan membeli baterai kamera non ori yang sudah banyak dites oleh pengguna lain (pembeli dan ulasannya banyak). Sekian informasi dari kami, semoga membantu kamu yaa!