Skip to content
merawat kamera berjamur

3 Tips Merawat Kamera Supaya Tidak Berjamur

Kamera dan lensa merupakan contoh peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap fotografer. Tanpa lensa, kamera secanggih apapun mustahil bisa menangkap suatu gambar. Begitu pula dengan lensa tanpa kamera, maka tidak mungkin untuk menangkap suatu gambar.

Kamera dan lensa ini juga sebaiknya mendapatkan perawatan yang berkala agar terhindar dari jamur. Berikut adalah tipsnya:

1. Rutin Membersihkan Kamera

Rutin membersihkan lensa setelah dipakai menjadi hal wajib yang harus diperhatikan setiap fotografer/ videografer. Apalagi lokasi untuk memotret memiliki tingkat kelembaban tinggi seperti sehabis hujan, air terjun, maupun pantai.

Untuk membersihkan kamera dan lensa kamera juga tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan lens cleaning kit yang terdiri dari lap mikrofiber, cairan pembersih, dan juga blower. Blower merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghilangkan debu dengan cara memberikan dorongan angin pada bagian dalam kamera/ lensa. Lens cleaning kit ini sudah tersedia di online shop dengan harga dibawah 50 ribu saja loh.

2. Jangan Meniup/ Menyentuh Sensor dan Lensa Kamera

Sering kali kita membersihkan kamera atau lensa dengan cara meniupnya menggunakan mulut kita. Ternyata hal ini tidak boleh loh. Apalagi kita meniup dan menyentuh sensor kamera. Hal ini untuk mencegah sidik jari menempel di kaca sensor dan meninggalkan debu atau kotoran. Meniup juga dilarang karena hembusan udara yang keluar dari mulut berisiko mengandung air liur yang dapat menyebabkan kamera/ lensa menjadi lembab dan berjamur.

3. Simpan di Dry Box dan Gunakan Silica Gel

Dry box dan silica gel adalah hal wajib yang harus disiapkan oleh fotografer bila ingin menjaga kamera dan lensanya. Dry box adalah kotak kedap udara yang berfungsi untuk menyimpan kamera. Sedangkan silica gel atau juga bisa menggunakan teh sachet (yang belum diseduh) untuk menyerap kelembaban lensa jika disimpan di dalam tas kamera/ dry box. Dengan menggunakan keduanya, kamu bisa lebih menjaga peralatanmu agar tidak jamuran.

Kesimpulan

Itulah 3 tips menyimpan kamera dan lensa yang kami sajikan dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat buat kamu. Silahkan mencoba!