Skip to content
tips foto kembang api

Ingin Memfoto Kembang Api? Ini dia 3 Tipsnya!

Tahun baru identik dengan kembang api. Sering kali kita melihat kembang api yang meriah bersama dengan keluarga, teman, atau pasangan kita. Namun pernahkah kamu kepikiran untuk mengabadikan kembang api tersebut pakai HP?

Lalu bagaimana cara memotret kembang api pakai HP yang hasilnya bagus? Berikut 3 tips dari kami.

1. Gunakan Mode Manual

Gunakan mode manual saat ingin memfoto kembang api. Kamu bisa mencoba dengan mengatur ISO kamera ke angka 400 saat akan memotret kembang api.

Dengan angka ISO tersebut, maka kamu dapat meminimalkan munculnya noise pada hasil jepretan di malam hari. Noise terjadi karena pengunaan ISO yang cukup tinggi. Selain itu, atur shutter selama 5 detik, agar percokan kembang api dapat tertangkap lensa kamera dengan baik. 5 detik ini dimaksudkan, saat kamu mengambil foto, kamera HP akan terus terbuka selama 5 detik untuk mengambil cahaya lebih banyak lagi. Sehingga menghasilkan foto yang lebih terang

Untuk mendapatkan hasil foto yang tajam, pastikan tanganmu stabil ketika memegang kamera, dan gunakan fitur ‘Burst More’ untuk mengambil banyak gambar sekaligus, jadi kamu bisa memilih mana foto yang paling bagus untuk di posting ke media sosial.

2. Gunakan Tripod

Kehadiran tripod akan sangat membantu, terutama bagi kamu yang tangannya mudah goyang dan pegal ketika memotret dalam waktu lama saat menggunakan pengaturan manual.

Tripod akan membuat HPmu menjadi stabil saat memfoto, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika shutter kamera terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya. Fungsi lain dari tripod adalah juga untuk meminimalkan blur pada fotomu.

3. Gunakan Mode Landscape

Biasanya, kita selalu tanpa sadar memotret dengan kamera HP dengan posisi vertikal. Namun untuk memotret foto kembang api dengan posisi vertikal, lebih susah untuk menghasilkan foto yang bagus.

Lebih baik bila kamu menggunakan posisi Landscape atau posisi horizontal ketika memotret kembang api. Selain sudut pengambilan menjadi lebih luas, Kamu juga bisa menangkap banyak elemen-elemen lain di sekitar seperti gedung, yang akan menbuat komposisi foto jadi lebih menarik.

Kesimpulan

Itulah 3 tips memotret kembang api pakai HP yang kami sajikan dalam artikel ini bisa bermanfaat buat kamu. Silahkan mencoba!