Skip to content
Digital Marketing dan Jenisnya

Apa Itu Digital Marketing? Dan apa Saja Jenisnya?

Di jaman yang serba digital ini, sering kali kita mendengar istilah digital marketing. Namun. taukah kalian apa itu digital marketing dan apa saja jenis-jenisnya?

Menurut Marketo, pengertian digital marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi.

Dilansir dari OCBC NISP, digital marketing merupakan salah satu tren baru yang wajib kamu dan sebuah perusahaan kuasai jika tidak ingin kalah bersaing dengan perusahaan lain. Setiap orang mempunyai cara berbeda-beda dalam menentukan pengertian digital marketing, namun berikut adalah jenis-jenis yang ada di digital marketing.

Content Marketing

Seorang content marketing memiliki tugas untuk menciptakan konten yang berkualitas untuk memudahkan pengguna ataupun user mendapat informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

Bila kamu mau konten kita disukai oleh banyak orang, maka kamu harus membuatnya dengan desain serta komposisi yang pas, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan selera target kita.

Social Media Marketing

Seorang social media marketing memiliki tugas untuk menjangkau target pasar melalui platform sosial media. Seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube, Tiktok, dll. Dalam pemasaran melalui media sosial, konten adalah kunci. Dan pastikan platform yang kamu gunakan sesuai dengan target market kamu.

Social Media Marketing juga sebegai strategi membangun brand awarenes produk, jasa melalui media sosial. Strategi dilakukkan sampai mendapatkan pelanggan dari media sosial.

Search Engine Optimization (SEO)

Seorang SEO memiliki tugas untuk melakukan pemasaran melalui mesin pencari (seperti google, safari, opera, dll) untuk pemasarkan produk/jasa menggunakan situs web bisnis.

Dengan mengoptimasi SEO, websitemu kemungkinan dapat banyak pengunjung karena situsmu berada di halaman atas search engine. Bila web/ konten kamu lebih mudah ditemukan maka siapa tahu dari pengunjung yang datang tersebut bisa jadi pelanggan atau pembeli produk kamu loh!

Oleh karena itu, seorang digital marketer biasanya harus memahami penerapan optimasi SEO biar websitenya ada di rank pertama kolom pencarian.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah metode pemasaran digital dimana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan atau menjual produk. Strategi dari affiliate marketing ini bertanggung jawa pada pemasaran produk.

Biasanya, kita menggunakan jasa afiliasi atau orang lain yang memiliki pengikut yang banyak (influencer) untuk membantu memasarkan produk kepada calon pembeli. Salah satu bentuk affiliate marketing yang sedang populer saat ini adalah Endorsement.

Kesimpulan

Untuk menjadi ahli dalam semua bidang digital marketing tidak mudah, diperlukan ilmu, waktu, dan sering-sering berlatih supaya dapat menguasai lebih dalam hal tersebut.

Untuk kamu yang membutuhkan bantuan dibagian digital marketing, kamu bisa menghubungi kami, Apostrofe Creative Studio (IG @apostrofecreative) yaa! Kami siap membantumu!